Made in Indonesia

Senin, 12 April 2010

Tim Fiat Finish 1 dan 2

Senin, 12/4/2010 | 03:52 WIB
LOSAIL, KOMPAS.com - Tim Fiat-Yamaha mengukir prestasi luar biasa dengan finish 1-2 di MotoGP Qatar, Minggu (11/4, Senin dini hari). Valentino Rossi tampil sebagai pemenang pertama di seri pembuka rangkaian MotoGP 2010 setelah mencatat waktu tempuh total 42 menit 50,099 detik selama 22 lap.

The Doctor mulai mengambil alih posisi terdepan pada lap6 dari total 22 lap, saat pesaing utamanya Casey Stoner terjatuh. Meski kecepatan motor kalah cepat dengan Ducati Desmocedisi GP10 dan Honda, namun Rossi memanfaatkan  tikungan-tikungan rapat untuk meninggalkan dua pesaingnya, Andrea Dovizioso (Honda) dan Nicky Heyden (Ducati).

Dengan taktik itu, juara dunia 9 kali, Rossi berhasil menjaga posisi terdepannya. Meski sesekali, posisinya sempat diancam oleh Dovizioso.

Nasib apes menimpa Casey Stoner. Pebalap Australia itu gagal mengukir prestasi dan ambisi untuk memenangkan MotoGP Qatar keempat kali berturut-turut.

Andalan Ducati itu terjatuh di lap 6. Padahal, ia sempat mengukir lap tercepat 1:56,00 detik di lap 2. Stoner mengneluhkan pada bagian belakang motornya yang acap goyang.
Kehebatan Rossi, juga diikuti rekan setimnya Jorge Lorenzo. Pebalap Spanyol itu dapat mengembangkan kecepatan dengan baik. Lomba tinggal dua lap, ia yang berada di posisi keempat, dalam satu lap berhasil menyusul Dovizioso dan Nickey Hayden (Ducati) dan finish kedua.
Tampilnya Dovizioso dan Hayden di urutan ketiga dan keempat harus menjadi perhitungan bagi Yamaha. Kedua pebalap menunjukkan kemajuan yang luar biasa karena tahun lalu penampilan keduanya di bawah bayang-bayang Rossi, Lorenzo dan Dani Pedrosa.


Jalan lomba

Lomba yang menempuh 22 lap dimulai dengan start yang mulus. Rossi berhasil mengatasi Stoner di tikungan pertama, diikuti Andrea Dovizioso, Nicky Hayden.

Lap1, Stoner mampu memperbaiki posisinya dengan menyalip rekan setimnya Hayden yang kemudian menggeser Rossi.

Lap2, Kecepatan Desmosedici GP10 yang kencang membuat pebalap Australia itu sangat mudah menyusul Dovizioso di trek lurus. Stoner sudah memimpin lomba. Dibayangi oleh Dovizioso yang mendapat tekanan dari Rossi.

Lap5, Kecepatan Yamaha YZ-M1 di trek lurus kalah cepat sama Ducati dan Honda. Sehingga Rossi yang bisa menempel ketat Dani, namun begitu masuk trek lurus di garius start jaraknya renggang lagi.

Lap 6, Casey Stoner terjatuh dari motor dan tidak melanjutkan lomba. Posisi terdepan diambil oleh Rossi. Di luar dugaan, Hyaden berhasil menyalip Dovizioso dan menduduki urutan kedua.

Lap 8, Dovizioso berhasil mengambil alih posisi kedua dari Hayden. Sementara pendatang baru Afeix Espargaro masuk pit karena gangguan pada mesin.Sedang rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo di urutan keempat.

Lap 13, Jarak Rossi yang masih memimpin di depan dengan Dovizioso dan Hayden sangat rapat. Ben Spies mampu memperbaiki posisinya menjadi kelima. Sementara Rookie Simoncelli berada di urutan ke-11 dan berada di depan Bautista (13)
dan Barbera (14).

Lap 15,Divizioso hampir dapat menyalip Rossi di trek lurus.

Lap 17, Hayden dapat menyalip Dovi, tapi tak berapa jauh dilibas kembali. Dan Rossi dapat memperlebar jarak dengan kedua pebalap di belakangnya.

Lap 20, rekan setim Rossi, Jorge Lorenzo berhasil menyalip Hayden dan langsung menekan Dovi. Dan tak berapa lama pebalap asal Spanyol ini berhasil menggeser posisi Dovi di urutan kedua.
Lap 22, Bautista terlempar dari motornya dan Rossi menutup lomba dengnan finish pertama.

Tidak ada komentar: